HEAD TITLE

Bacalah dengan nurani yang bersih, menulislah dalam kejernihan hati dan fikiran lalu rangkailah persahabatan dengan cinta dan kasih sayang

Kami sangat berterima kasih jika anda berkenan meluangkan sedikit waktu untuk memberikan sekedar komentar

Copy Paste diizinkan, tapi jangal lupa mohon tampilkan source linkback-nya

Cari Blog Ini

Selasa, 24 Agustus 2010

5 UNIT SATUAN KEPOLISIAN KHUSUS PALING HANDAL DI DUNIA

Untuk menghadapi tingginya resiko terhadap  ancaman maupun menindak berbagai kejahatan dan teror yang semakin merajalela, beberapa negara sengaja membentuk unit satuan khusus yang mampu menghadapi dan menangani teror tersebut,   Kalau di Indonesia kita mengenal Unit DENSUS-88, berikut ini merupakan beberapa unit satuan khusus yang sangat terkenal di dunia karena profesional kerja tim mereka berkat  dukungan  pengalaman, personel, teknik dan perangkat militer yang handal :

"B.O.P.E" UNIT POLISI KHUSUS DI BRAZIL
(Balalhao de Operacoes Policiais Expeciai)

BOPE Batalhão de Operações Policiais Especiai atau Operasi Kepolisian Batalyon Khusus merupakan pasukan elit unit khusus di Kepolisian Militer negara bagian Rio de Janeiro, Brazil.

Karena sifat kejahatan di Brasil banyak terjadi di lingkungan kumuh, unit BOPE memiliki pengalaman luas dalam perang kota serta memiliki kelebihan dalam operasi di lingkungan terbatas dan dibatasi. pasukan ini dilengkapi dengan peralatan yang lebih baik daripada penegakan hukum tradisional sipil.

Tugas BOPE adalah istirahat barikade dibangun oleh pengedar narkoba, menembak untuk membunuh di penjahat mengancam kehidupan manusia, ghetto memusnahkan obat serta geng-geng nya, menekan kerusuhan penjara, special misi di rawa-rawa atau daerah yang bergunung-gunung seperti pengintaian, perencanaan dan infiltrasi.

BOPE memiliki armada kendaraan tempur lapis baja, yang dikenal sebagai "Pacificador" ("Peacemaker"), atau "Caveirão" ("Big Tengkorak"), kendaraan tempur ini digunakan dalam kegiatan usaha di daerah kumuh di mana BOPE sering terlibat konflik yang intens dengan pengedar narkoba.

Dalam aksinya mereka dilengkapi dengan 0,30 karaben, persenjataan berat: M16 senapan A2, Taurus PT92, IMBEL 9mm, hingga C-4 bahan peledak dan granat.

Dengan jumlah anggota sekitar 400 orang tentara, BOPE diyakini menjadi salah satu kekuatan militer paling kejam di Amerika Latin sebelum PMESP.

"S.W.A.T" UNIT KHUSUS DI AMERIKA
(Special Weapons And Tactics)

SWAT adalah unit taktis elit di Amerika yang bekerja sama dengan beberapa departemen penegakan hukum internasional. Mereka dilatih untuk melakukan operasi berisiko tinggi yang berada di luar kemampuan petugas biasa.

Tugas mereka termasuk melakukan penyanderaan menyelamatkan dan operasi kontra-terorisme, melayani perintah penangkapan risiko tinggi dan surat perintah penggeledahan, tersangka menundukan barikade, dan menarik-penjahat bersenjata berat.

Sebuah tim SWAT sering dilengkapi dengan senjata api khusus termasuk senapan serbu, senapan mesin ringan, senapan, karaben, kerusuhan agen kontrol, setrum granat, dan senapan bertenaga tinggi untuk penembak jitu. Mereka memiliki peralatan khusus seperti kendaraan lapis baja berat badan, alat entry, kendaraan lapis baja, optik malam maju visi, dan detektor gerakan untuk diam-diam menentukan posisi pengambil sandera sandera atau dalam struktur tertutup.

Tugas utama SWAT : Misi penyelamatan sandera, menyelamatkan petugas dan warga ditangkap atau terancam oleh tembakan, melawan operasi teroris di kota-kota Amerika Serikat dan menstabilkan situasi berbahaya berurusan dengan penjahat kekerasan (seperti pemerkosa, pembunuh serial atau geng)

Dalam operasinya tim SWAT dilengkapi dengan kendaraan sejenis ARV(Armored Rescue Vehicle) untuk keperluan operasi penyisipan, manuver, atau selama operasi taktis yang memiliki resiko bahaya tinggi seperti penyelamatan penduduk sipil / petugas dari hujan tembakan dan Helikopter digunakan untuk operasi pengintaian udara, penyisipan melalui rappelling atau roping.

Bahkan untuk mampu menghindari deteksi oleh tersangka selama penyisipan di lingkungan perkotaan, unit SWAT juga menggunakan modifikasi kendaraan operasional dalam bentuk bus, van, truk, atau kendaraan yang tampaknya normal.

Meskipun dilengkapi dengan berbagai jenis dan tipe senjata, namun yang umum digunakan oleh tim SWAT, adalah senapan mesin ringan, senapan serbu, senapan, dan senapan sniper. pistol semi-otomatis dan yang paling populer adalah senjata yg dibawa di sisi badan. Senapan mesin ringan yang sering digunakan oleh tim SWAT meliputi 9 mm dan 10 mm Heckler & Koch MP5.

Tim SWAT bergerak cepat mendobrak berbagai barikade atau halang rintang, menggunakan bahan peledak untuk memecahkan kunci atau engsel, atau bahkan meruntuhkan gerbang pintu yang kokoh.

Selain senjata mematikan Tim SWAT juga dilengkapi dengan senjata dan amunisi yang tidak mematikan seperti tabung gas air mata, senapan saraf , dan senjata berpeluru gas airmata.

"A.F.E.U.R" UNIT KHUSUS DI KOLUMBIA
(Agrupacion de Fuerzas Especiales Antiterroristas Urbanas)


The Agrupación de Fuerzas Especiales Antiterroristas Urbanas ("Urban Kontra-Terorisme Pasukan Khusus Grup", AFEUR) adalah satuan elit Angkatan Darat Kolombia, yang utama misi adalah untuk melakukan operasi kontra-teroris dan menyelamatkan sandera berdasarkan stealth, kejutan dan kerja tim .

Perlindungan VIP merupakan tugas dari unit ini, misalnya saat mereka bertugas melindungi Presiden Kolombia saat ia melakukan perjalanan atau memberikan perlindungan bagi (kelompok Angkatan Darat Presiden Bill Clinton) dan Presiden George W. Bush pada waktu kunjungan ke Cartagena, pada tahun 2000, 2004. Mereka dipercaya untuk menjadi Ring Pengaman Kedua pada kunjungan Presiden Bush ke Bogota pada tahun 2007.


"Y.A.M.A.M" UNIT KHUSUS DI ISRAEL
(Yehidat Mishtara Meyuhedet)



The Yamam (Ibrani: ימ"מ), adalah akronim untuk Unit Polisi Khusus (יחידת משטרה מיוחדת, Yehidat Mishtara Meyuhedet) yang berarti unit elit sipil Israel kontra-terorisme.

The Yamam mampu baik beroperasi dalam pembebasan penyanderaan penyelamatan dan mengambil-alih serangan ofensif terhadap sasaran-sasaran di daerah sipil. Selain tugas militer, unit ini juga melakukan tugas dan pekerjaan polisi SWAT yang teduh.

Tugas utama The Yamam adalah :

Bertanggung jawab untuk penyelamatan sandera sipil dalam perbatasan Israel, namun dari sekitar pertengahan 1990-an juga telah digunakan untuk tugas-tugas seperti menangkap tersangka polisi yang telah mengurung diri dalam struktur dan membutuhkan metode ekstraksi khusus, serta keamanan pribadi untuk VIP dan dalam operasi kontra-teror di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Para Yamam yang dididik dalam bahasa Arab dasar dan pakaian untuk mengasimilasi dalam penduduk Arab untuk menghindari deteksi dalam rangka untuk melaksanakan serangan untuk menangkap mereka yang diduga melakukan kegiatan teroris di dalam Israel.

Yamam telah mendapat reputasi tinggi di kalangan profesional SF dan masyarakat Israel.


"J.T.F.2" UNIT KHUSUS DI CANADA
(Joint Task Force-2)



Joint Task Force 2 (JTF2) adalah unit Pasukan Kanada yang bertanggung jawab atas operasi kontra-teroris. JTF2 menggambarkan misinya sebagai

"memberikan bantuan bersenjata di resolusi sebuah insiden yang mempengaruhi, atau memiliki potensi untuk mempengaruhi, kepentingan nasional Kanada."

Personel JTF2 terbagi menjadi dua kategori :

  • Kategori A : Satuan Unit Khusus Operasi Assaulters (SOA) yang secara langsung digunakan dalam aspek taktis operasi khusus dan tugas-tugas beresiko tinggi.
  • Kategori B : Specials Personel (SP) mengisi posisi di staf petugas, dukungan, dan posisi spesialis. Kategori ini juga mencakup posisi pengemudi operasi khusus.

Keberadaan JTF2 ini sempat dirahasiakan dari mata publik Kanada untuk beberapa waktu, meskipun demikian hal itu ternyata muncul dalam Tom Clancy Rainbow Six seri video game. karakter bernama Roger McAllen, yang merupakan bagian dari Royal Canadian Mounted Police mantan SERT, porting ke JTF2 ketika mereka diserahkan tanggung jawab untuk tugas kontra-terorisme pada tahun 1993.

--------------------------------------

1 komentar:

  1. Aman dan nyaman bebas dari tindakan kejahatan menjadi idaman masyarakat. Tentu tidak mudah mewujudkan semuanya itu. Negara harus menjamin adanya ketertiban dan keamanan. Kita acungi jempol untuk negara yang memiliki satuan khusus yang handal dan profesional. Untuk membentuknya tentu dibutuhkan SDM yang terpilih, sarana dan prasarana yang memadai, dan biaya yang sangat besar. Densus-88 semoga terus berkembang menjadi unit khusus terbaik di dunia. Indonesia Bisa ! Salam sukses buat Admin 'Pink Rose'.

    BalasHapus